ITERAKSI MANUSIA DAN KOMPUTER [ I M K ]

                Bidang ilmu interaksi manusia dan komputer adalah ilmu yang mempelajari tentang bagaimana mendesain, mengevaluasi, dan mengimplementasikan sistem komputer yang interaktif sehingga dapat digunakan oleh manusia dengan mudah.
Definisi interaksi manusia dan komputer.
Interaksi manusia dan komputer adalah sebuah hubungan antara manusia dan komputer yang mempunyai karakteristik tertentu untuk mencapai suatu tujuan tertentu dengan menjalankan sebuah sistem yang bertopengkan sebuah antarmuka (interface).
Sebuah program aplikasi terdiri dari 2 bagian yaitu:
  • Bagian Antarmuka, yang berfungsi sebagai sarana dialog antara manusia dengan komputer
  • Bagian Aplikasi, merupakan bagian yang berfungsi untuk menghasilkan informasi berdasarkan olahan data yang sudah dimasukkan oleh pengguna lewat algoritma yang diisyaratkan oleh aplikasi tersebut.


Tujuan interaksi manusia dengan komputer

  • Tujuan utama disusunnya berbagai cara interaksi manusia & komputer :
untuk mempermudah manusia dalam mengoperasikan komputer dan mendapatkan berbagai umpan balik yang ia perlukan selama ia bekerja pada sebuah sistem komputer.Para perancang antarmuka manusia dan komputer berharap agar sistem komputer yang dirancangnya dapat bersifat akrab dan ramah dengan penggunanya.
  • Sebagai contoh, misalnya sebuah komputer lengkap dipasang pada sebuah tempat yang tidak nyaman bagi seorang pengguna yang menggunakan. Atau keyboard yang digunakan pada komputer tersebut tombol-tombolnya keras sehingga susah untuk mengetik sesuatu.
Contoh-contoh diatas merupakan beberapa hal mengapa kita membutuhkan mempelajari Interaksi Manusia dan Komputer.Kita butuh Interaksi manusia komputer adalah agar kita lebih cepat dalam menyelesaikan suatu pekerjaan. serta dapat membuat waktu pengerjaannya lebih cepat dan tidak membutuhkan banyak biaya dalam membuat suatu pekerjaan.

Adapun penerapan IMK dalam bidang :
  •    Pertanian
  •    Pemerintahan
  •  Industri 
DALAM BIDANG PERTANIAN
dalam bidang pertanian mungkin interaksi manusia dan komputer tidak terlalu banyak hanya menggaris bawahi beberapa hal yaitu terutama masalah komunikasi, pengolahan lahan, cara mendapat bibit unggul ataupun ataupun merwat tanaman itu sendiri dan mencari konsumen untuk hasil yang didapatkan tentunya tapi dengan berkembangnya zaman itu semua dapat dicari dengan mudah dengan lebih aktif dengan dunia komputar sehingga didapat hasil yang memuaskan

DALAM BIDANG PEMERITAHAN

mungkin untuk interaksi yang satu ini cukup banyak yang diperlukan karna hampir semua instasi pemerintahan di dunia ini melakukan interaksi dengan komputer, kita ambil contoh dekatnya aja di pemerintahan kita aja yaitu indonesia semua sudah berinteraksi dengan komputer contohnya perencanaan seatu kegiatan, pengambilan sample sampai penyampaian bahan dari kegiata itu semua dilakukan dengan interaksi komputer sehingga didapat hasil yang maksimal, cepat dan akurat

DALAM BIDANG INDUSTRI

dalam bidang industri mungkin semua sudah menyangkut dengan interaksi komputer mulai dari pembuatan bahan baku, analisa bahan, cara produksi, sampai hasil yang didapat semua saling terhubung dengan interaksi komputer seingga didapat hasil yang memuaskan dan untuk pemasarannyapun menggunakan interaksi komputer yang saling terhubung dengan konsumen lain sehingga produksi industri cepat terpasarkan.


Kesimpulan ::: ITERAKSI MANUSIA DAN KOMPUTER pada saat ini sangat berkembang manusia dapat dengan mudah mengerjakan dan mendapatkan sesuatu dengan menggunakan Ilmu Teknologi itu sendri manusia dapat secara cepat dan tepat mengerjakan sesuatu bahkan di zaman sekarang sudah canggih semuanya hampir tersedia di google.



Sumber :::: http://wartabepe.staff.ub.ac.id/2012/02/19/kolom-teknologi-pengenalan-interaksi-manusia-dan-komputer/






 


Share on Google Plus

About SkyForce

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 komentar :

Posting Komentar