Manajemen Proyek dan Resiko

Manajemen Proyek dan Resiko
Proyek dan Resiko adalah suntingan utama, yakni kita harus benar-benar merencanakan semua kemungkinan yang terjadi dari project atau proyek tersebut. Manajemen proyek dan resiko adalah hal yang sangat penting jika kita ingin membuat sesuatu dalam project kita, dengan memikirkan apa project kita dan juga pastinya resiko yang ditimmbulkan dari project kita tersebut.
Proyek
Proyek adalah suatu kegiatan yang kita rencanakan matang-matang dan sudah di rancang agar sesuai yang kita inginkan agar tidak meleset dari keadaanya. Gagasan dalam proyek adalah awal dari sebuah proyek itu sendiri, karena jika tidak ada gagasan kita tidak bisa membuat proyek dan menjalankan proyek tersebut.  Contohnya membangun sebuah gedung perkantoran jika kita tidak memiliki proyek terlebih dahulu maka tidak akan sempurna.di dalam proyek kita harus ada banyak Hal hal yang harus di lakukan dalam proyek
Hal-hal yang dilakukan dalam proyek :
1. Gagasan atau ide utama proyekgagasan Utama  atau ide utama merupakan suatu materi yang sangat penting untuk diketahui pertama kali agar proyek berjala
2. Perencanaan proyek
adalah suatu rencana atau suatu plening agar semua pekerjaan berjalan dengan lancar dan akurat
3. Pelaksanaan proyek
suatu perbuatan dalam proyek atau suatu proses agar proyek itu bekerja


Resiko
Resiko adalah suatu hal yang berkaitan erat dengan proyek, yakni resiko adalah masalah di luar perencanaan yang ditimbulkan dari proyek tersebut. Jangan pernah mengabaikan resiko itu sendiri, karena resiko juga merupakan bagian dari proyek yang sangat penting artinya jika resiko itu terlewati dengan baik maka proyek tersebut juga pasti sukses. Tentu saja kita harus berusaha lebih keras dan teliti untuk mengerjakannya. Resiko juga dapat dibagi dua sisi yakni internal resiko dan eksternal resiko.
- Internal Resiko
Dalam internal resiko ini berhubungan dengan perencanaan dari proyek tersebut. Jika kita tidak memikirkan rencana proyek tersebut dan merencanakan dengan baik . tidak jarang kita menemui hambatan dalam menjalankan proyek yang kita jalani. walaupun dalam perencanaan proyek sudah kita pikirkan semua namun tetap saja yang namanya resiko tetap ada di setiap perencanaan, sebab kita tidak bisa menebak-nebak apa yang terjadi didepan kita, jadi dengan merencanakan proyek kita sudah siap dengan resiko yang ada dan siap menghadapi resiko terutama internal resiko.
- Eksternal Resiko
Dalam eksternal resiko ini berhubungan dalam pelaksanaan proyek. Yakni dalam pelaksaan proyek ini kita juga tidak bisa menebak-nebak apa yang akan terjadi dalam pelaksanaan proyek. Walaupun sebelumnya kita merencanakan proyek tersebut tidak menutup kemungkinan resiko dalam pelaksanaan proyek tetap ada. misalnya pekerjaan yang deadline tidak bisa terealisasi karena misalnya pekerja yang kurang atau proyeknya gagal karena keterbatasan dana itu dapat terjadi di eksternal resiko.
Dari bab manajemen proyek dan resiko ini dapat kita simpulkan bahwa di dalam proyek juga memiliki resiko yang tidak di ketahui maupun yang di ketahui maka dari itu sebelum merencanakan proyek kita juga harus merencanakan bagaimana untuk memecahkan masalah dalam suatu resiko agar resiko di dalam proyek dapat teratasi


Sumberrr :::: http://indrayogaadhigunaharyani.blogspot.com/2012/09/manajemen-proyek-dan-resiko.html
Share on Google Plus

About SkyForce

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 komentar :

Posting Komentar