Manusia dan Cinta Kasih

Sebelumnya sudah dibahas mengenai definisi manusia disini. Kesimpulannya bahwa manusia merupakan makhluk ciptaan Allah SWT yang diberi akal dan pikiran serta budi pekerti. Hal tersebut menjadikan manusia sebagai makhluk paling mulia dan berkedudukan tinggi di atas bumi ini. Disamping akal dan pikiran, manusia memiliki berbagai perasaan yang kompleks seperi marah, sedih, senang, Cinta, Kasih dan sebagainya. Kali ini kita akan membahas mengenai Cinta Kasih.


Cinta kasih terdiri dari dua kata, yaitu Cinta dan Kasih. Definisi keduanya juga memiliki arti yang berbeda tetapi saling berkaitan. Mari kita tinjau dahulu apa itu Cinta.

Definisi Cinta menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia adalah suka sekali atau sayang benar. Selain itu menurut Wikipedia Cinta adalah sebuah emosi dari kasih sayang yang kuat dan ketertarikan pribadi yang juga bisa dialami semua makhluk. Dari kedua definisi tersebut dapat disimpulkan bahwa Cinta merupakan suatu perasaan atau emosi jiwa yang sangat suka secara mendalam terhadap orang atau subjek lain yang menurutnya sangat berharga. Ungkapan cinta mungkin digunakan untuk meluapkan perasaan seperti berikut:

Perasaan terhadap keluarga

Perasaan terhadap teman-teman, atau philia

Perasaan yang romantis atau juga disebut asmara

Perasaan yang hanya merupakan kemahuan, keinginan hawa nafsu atau cinta eros

Perasaan sesama atau juga disebut kasih sayang atau agape

Perasaan tentang atau terhadap dirinya sendiri, yang disebut narsisisme

Perasaan terhadap sebuah konsep tertentu

Perasaan terhadap negaranya atau patriotisme

Perasaan terhadap bangsa atau nasionalisme
Sedangkan untuk definisi kasih menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia adalah perasaan sayang (cinta, suka kepada). Dapat disimpulkan bahwa kasih adalah suatu perilaku yang bertujuan untuk menunjukkan rasa cinta terhadap orang atau subjek yang menurutnya sangat berharga.


Dari definisi Cinta dan Kasih, definisi yang saya dapatkan mengenai Cinta Kasih adalah suatu emosi atas rasa ketertarikan yang kuat sehingga menimbulkan perilaku untuk saling melindungi dan membutuhkan satu sama lain. Dari cinta kasih tersebut timbul rasa sayang dan rasa saling membutuhkan dan menghargai satu sama lain. Menurut objeknya cinta kasih dibagi menjadi 2 macam :

Cinta kasih secara vertikal
Cinta kasih secara vertikal atau keatas adalah cinta kasih terhadap Allah SWT, sang maha pencipta yang bersifat religius yang dapat menambah nilai-nilai spiritualis. Contoh cinta kasih vertikal adalah cinta kasih kepada Allah SWT, Malaikat, Nabi dan rasul, Alqur'an dan sebagainya.

Cinta kasih secara horizontal
Cinta kasih secara horizontal atau kesamping adalah cinta kasih terhadap alam beserta isinya. Contoh cinta kasih secara horizontal adalah rasa kasih sayang terhadap pacar, hewan peliharaan, tumbuh-tumbuhan, dan sebagainya.

Menurut Erich Fromm, ada empat syarat untuk mewujudkan cinta kasih, yaitu:
Perasaan
Pengenalan
Tanggung jawab
Perhatian
Saling menghormati
Erich Fromm dalam buku larisnya (the art of loving) menyatakan bahwa ke empat gejala: Care, Responsibility, Respect, Knowledge (CRRK), muncul semua secara seimbang dalam pribadi yang mencintai.

Ada tiga unsur cinta sempurna (consummate love) yang saling terkait :


1. Keterikatan : Artinya bahwa manusia yang saling berhubungan satu sama lainnya didalam menjalin hubungannya karena adanya rasa saling tertarik satu sama lain.
2. Hasrat : Artinya bahwa manusia memiliki kemauan atau hasrat atau nafsu kepada yang lain sebagai pemenuhan kebutuhan nafsu contohnya kebutuhan seksual.
3. Komitmen : Artinya bahwa manusia dengan yang lain membuat suatu pernyataan toleransi atau perjanjian atas hubungan yang telah terjalin sebelumnya sebagai penguat hubungan tersebut.

Kecendrungan ketiga unsur tersebut akan menimbulkan tiga unsur lain :
1. Cinta Biasa
Cinta biasa adalah cinta yang terjadi atas rasa ketertarikan tetapi dilandasi dengan pernyataan toleransi satu dengan yang lain. Contohnya : Pesahabatan atau cinta pada hewan peliharaan.
2. Cinta Romantis
Cinta romantis adalah cinta yang terjadi atas rasa ketertarikan dan dilandasi oleh keingin yang menggebu-gebu. Contohnya cinta pada pacar atau kekasih yang saling cinta.
3. Cinta Buta
Cinta buta adalah cinta yang terjadi atas dasar keinginan yang menggebu-gebu serta dilandasi oleh penyataan yang sangat kuat. Contohnya hubungan cinta pacar yang tidak berlandaskan kasih.

Dari semua kajian tersebut, dapat disimpulkan bahwa cinta kasih merupakan luapan emosi kasih sayang yang sangat mendalam sehingga menimbulkan tindakan untuk saling membutuhkan, mengisis, dan saling melindungi satu sama lain. Walaupun banyak hal-hal pahit yang pernah dialami karena cinta kasih tersebut, cinta kasih akan selalu terasa indah dan menyenangkan. Dari pengalaman pahit tersebut, kita belajar untuk saling mengerti, memahami, dan mengisi satu sama lain dengan cara masing-masing.

Yang lebih penting dari itu adalah untuk menjaga cinta kasih vertikal kita kepada Sang Maha Pencipta, Allah SWT yang telah memberikan rahmatnya sehingga kita dapat merasakan cinta kasih kepada manusia yang lain. Alqur'an sebagai falsafah hidup kita telah menerangkan tata cara cinta kasih sesuai yang telah diperintahkannya. Untuk itu, kita sebagai manusia untuk selalu menjaga cinta kasih sesuai dengan aturan Alqur'an agar kita selamat dunia dan akhirat.

SUMBER :::::  http://affandymuradsite.blogspot.com/2012/04/manusia-dan-cinta-kasih.html?m=0
Share on Google Plus

About SkyForce

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 komentar :

Posting Komentar